• Asmaul Husna

  • Meta

  • Prof. Dr. Joko Sutrisno, M.T.

    Image and video hosting by TinyPic Please sharing to me about mathematic....
  • Kumpulan Arsip

  • Pengunjung

    free counters
  • My Blog Polling

  • Times

  • My Image

    Image and video hosting by TinyPic Image and video hosting by TinyPic Image and video hosting by TinyPic Image and video hosting by TinyPic Image and video hosting by TinyPic Image and video hosting by TinyPic Image and video hosting by TinyPic Image and video hosting by TinyPic Image and video hosting by TinyPic Image and video hosting by TinyPic Image and video hosting by TinyPic

Kiat Menuju Sukses UN 2011 SMA N 1 Karangmojo

Assalamualaikum wr. wb.

Tidak terasa waktu menjelang Ujian Akhir Nasional semakin dekat, demikian juga derap dalam menghadapinya. SMA N 1 Karangmojo sebagai sebuah institusi pendidikan menengah yang diharapkan dapat mencetak lulusan yang siap untuk masuk di perguruan tinggi, tentunya sangat berkepentingan untuk dapat mensukseskan siswa-siswinya dalam menghadapi Ujian Nasional ini. Beberapa langkah dan kiat dicobakan kepada peserta didik untuk mencapai kelulusan 100% serta rata-rata nilai sesuai dengan target yang telah ditentukan.

Langkah-langkah yang sudah dan akan terus diupayakan untuk dilaksanakan adalah :

1. Penambahan Jam Mata Pelajaran Ujian Nasional
* Kegiatan ini diberikan kepada siswa setelah pulang sekolah dari jam 14.00 s.d. 16.00 dengan materi utama bedah SKL dengan membahas soal-soal Ujian Nasional yang telah dilaksanakan sebelumnya.
* Kegiatan diikuti oleh semua siswa kelas XII
* Kegiatan dibimbing oleh guru mata pelajaran Ujian Nasional Kelas XII.
2. Try Out UN
* Seperti layaknya pada sebuah TC (Training Center) di bidang Olah raga, maka siswa SMA N 1 Karangmjo harus juga dibiasakan untuk melaksanakan kegiatan simulasi UN 2011 yang dinyatakan dalam bentuk Try Out UN, dengan tujuan membiasakan siswa dalam menghadapi dan menjawab soal-soal Ujian Nasional
* Selain Try Out tiap Senin pagi, sudah dilaksanakan 2 kali try out dengan rincian 1 kali try out MKKS Kabupaten Gunungkidul yang dilaksanakan oleh MKKS kabupaten Gunungkidul dan satu kali try out bersama 5 SMA yang dilaksanakan oleh 5 SMA secara bersamaan, dan rencana Rabu-Jum’at, 16-18 Februari 2011 akan dilaksanakan try out lagi bersama 5 SMA.
* Hasil try out di analisa dan diberikan kepada siswa sebagai umpan balik bagi penanganan siswa selanjutnya.
* Siswa dimohon dengan sangat untuk bersungguh-sungguh menerapkan manajemen waktu dalam menghadapi UN, yang teraktualisasi dalam pelaksanaan try out.
3. Clinical Services
* Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan penguatan kompetensi bagi siswa yang dianggap memiliki masalah dalam penguasaan kompetensi yang akan diujikan dalam Ujian Nasional (SKL) dengan memberikan layanan khusus.
* Layanan khusus ini melayani siswa yang merasa mengalami kesulitan dalam menyelesaikan soal-soal UN sore hari di luar jam pelajaran dan hari minggu dari jam 09.00 sampai 13.00.
* Guru Mata Pelajaran Ujian Nasional memberikan layanan Clinical Services bagi siswa yang memerlukan.
* Siswa dapat memilih guru yang dipercaya untuk mendampingi dalam menguasai SKL yang dirasa belum tuntas.
* Kegiatan dilaksanakan pada siang hari setelah pulang sekolah di luar hari jam tambahan pelajaran.
* Materi lebih ditekankan pada penguasaan dasar-dasar kompetensi serta trik pengerjaan soal.
4. Pembangkitan Motivasi, terdapat beberapa kegiatan pembangkitan motivasi yang coba untuk dilaksanakan dengan harapan memberikan kesiapan mental bagi siswa diantaranya adalah :
* Penyadaran siswa dengan motivator Bapak Ahmad Arifudin, S.Ag dibantu Bapak Sutarno, M.Pd, Bapak Subagya, S.Pd., Bapak Ahsanul Yusuf, S.Pd. dengan cara siswa menginap di sekolah yang diselenggarakan pada tanggal 12 dan 19 Pebruari 2011.
* Peningkatan perhatian proses belajar siswa di rumah, pada kegiatan ini wali kelas XII diharapkan berkomunikasi lebih intens kepada siswa dan orangtuanya dengan melakukan pengecekan kegiatan belajar di rumah melalui sambungan telephon (SMS dan Call)
* Doa, tidak dapat dipungkiri bahwa salah satu kekuatan dalam mencapai tujuan adalah kepasrahan kepada Tuhan Yang Maha Esa, proses penyadaran atas kekuatan yang dapat “membantu” mencapai kesuksesan adalah kemampuan untuk berserah diri kepada-Nya, untuk itu dilaksanakan pula belajar dengan mengambil tempat di serambi masjid dengan didahului sholat dhuha bersama.
5. Penentuan Target Siswa
* Kegiatan ini adalah untuk membimbing siswa dalam menentukan target hasil Ujian Nasional Siswa dengan melalui analisa terhadap kekuatan dan kemungkinan yang ada dari masing-masing siswa, dari targetan siswa ini kemudian dihimpun target mata pelajaran yang pada akhirnya melahirkan target nilai untuk sekolah.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: