• Asmaul Husna

  • Meta

  • Prof. Dr. Joko Sutrisno, M.T.

    Image and video hosting by TinyPic Please sharing to me about mathematic....
  • Kumpulan Arsip

  • Pengunjung

    free counters
  • My Blog Polling

  • Times

  • My Image

    Image and video hosting by TinyPic Image and video hosting by TinyPic Image and video hosting by TinyPic Image and video hosting by TinyPic Image and video hosting by TinyPic Image and video hosting by TinyPic Image and video hosting by TinyPic Image and video hosting by TinyPic Image and video hosting by TinyPic Image and video hosting by TinyPic Image and video hosting by TinyPic

Polyak, Teori Matematikanya Membantu Bidang Kesehatan

Siapa bilang matematika tidak bisa diaplikasikan langsung dalam kehidupan kita? Dr. Roman Polyak seorang matematikawan membuktikan bahwa teori matematikanya bisa “diterjemahkan” sehingga membantu pengobatan kanker.

Polyak sendiri terkesima dengan kemajuan sains tersebut. “Saya tak pernah bermimpi. 25 tahun silam sangat jarang matematika abstrak bisa digunakan mengobati kanker,” ujarnya.

Polyal menekuni bidang optimisasi matematika, yakni bidang yang membuat sesuatu efektif sebisa mungkin. Bidang ini sudah ditekuni para ilmuwan sejak zaman Yunani kuno.

Polyak mempelajarinya sejak 25 tahun lalu dengan mengembangkan teori Ronlinear Rescaling (NR) untuk menyelesaikan problem optimisasi. Metode ini cukup esensial untuk menyelesaikan problem teknologi di dunia nyata yang rumit dengan ribuan variabel.

Rembert Reemtsen dan Markus Alber belum lama ini menggunakan NR untuk meningkatkan efisiensi pengobatan tumor kanker dengan radiasi. Pengobatan itu menggunakan optimisasi untuk menetapkan sudut, intensitas dan durasi sinar radiasi yang paling efektif untuk menghancurkan tumor-tumor tanpa merusak jaringan sehat di dekatnya.

Perjuangan

Peranti lunak yang menggunakan dasar NR telah dikembangkan ke dalam sistem radioterapi dan dipakai di banyak rumah sakit. Metode ini memungkinkan akurasi hingga 10 digit, bukan hanya berguna bagi pengobatan kanker tapi juga obat-obatan lain. Dalam optimisasi struktural, metode ini menyelesaikan sebagian besar problem desain dengan 5000 variabel dan 200.000 desakan. Pemrosesan citra, diagnosa medis, dan penemuan distribusi optimal pada energi melalui jaringan listrik hanya sedikit manfaat aplikasinya.

Namun kesuksesan ini tidak datang dengan mudah bagi Polyak. Tahun 1980 ia dipecat dari pekerjaannya di Kiev, Ukraina, karena keinginannya berimigrasi keluar dari Uni Soviet. Ia juga dilarang melakukan riset di wilayah Uni Soviet, bahkan juga tidak bisa mempublikasikan papernya ke luar.

Selama masa itu Polyak merasa hanya teman-teman dekat dan keluarganya saja yang bisa memahaminya. Sebelum kehilangan jabatannya ia sempat mempublikasikan sejumlah paper dan diterjemahkan ke bahasa Inggris. Berkat bantuan teman-temannya Polyak mempublikasikan paper Modified Barrier Function (MBF) ke luar Soviet.

Paten

Saat ia beremigrasi ke AS, Polyak dibantu temannya bergabung dengan IBM T. J. Watson Research Center. Di sinilah pada awal 1990-an paper MBF-nya dipraktikan dan dipublikasikan kembali tahun 1992 di jurnal Mathematical Programming. Polyak melanjutkan teori-teori

Tahun 2006, ia bersama rekannya Igor Griva, mempublikasikan paper bertajuk Exterior Point Method di jurnal Mathematical Programming. Di sini dibahas tentang solusi yang lebih cepat dan akurat untuk problem berskala besar. Tahun lalu, mereka memperoleh paten aplikasi ini di AS.

Saat ini Polyak tengah menulis sebuah buku mengenai hasil-hasil studi NR selama seperempat abad terakhir. “Saya sangat bahagia bahwa temuan matematika saya telah digunakan untuk sejumlah aplikasi penting, ujar Polyak.

Diterjemahkan secara bebas dari http://www.livescience.com

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: